Skip to main content

Pertemuan 9 - Perancangan Berorientasi Objek

Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.

Bismillahirahmanirahim.

Kali ini aku bakal share penjelasan materi mata kuliah RPL Pertemuan 9 yaitu mengenai Perancangan Berorientasi Objek.

Semoga Bermanfaat! ✨


1.     Pengenalan Sistem Berorientasi Objek

Sistem berorientasi objek terdiri dari objek yang berinteraksi yang mempertahankan keadaan (state) lokal dan menyediakan operasi pada state tersebut.

Representasi state bersifat pribadi dan tidak dapat diakses langsung dari luar objek.

Proses desain berorientasi objek melibatkan perancangankelas objek dan hubungan antara kelas-kelas tersebut.

2.     Identifikasi Kelas Objek

Adapun tujuan mengidentifikasi kelas objek dalam sistem berorientasi objek yaitu:

a.     Menggunakan analisis gramatikal dari deskripsi bahasa alami. Objek dan atribut adalah kata benda; operasi atau layanan adalah kata kerja.

b.     Menggunakan entitas nyata (benda) dalam domain aplikasi seperti mobil, peran seperti manajer atau dokter, acara seperti permintaan, interaksi seperti pertemuan, lokasi seperti kantor, unit organisasi seperti perusahaan.

c.     Menggunakan analisis berbasis skenario dimana berbagai skenario penggunaan sistem diidentifikasi dan dianalisis secara bergantian.

3.     Istilah dalam Objek Oriented

a.     Objek (Object)

Objek merupakan konsep atau abstraksi tentang sesuatu yang memiliki arti untuk aplikasi yang akan dikembangkan. Objek harus diwakili dengan kata benda. Contohnya:

*      Objek orang/manusia: Karyawan, Mahasiswa.

*      Objek tempat: Kantor, Gedung, Toko.

*      Objek abstrak: Transaksi, Jadwal, Peminjaman.

*      Objek organisasi: Divisi-IT, HRD.

*      Objek peralatan/benda: Mobil, Buku, Baju.

b.     Attribut (Attribute)

Suatu objek memiliki atribut tertentu yang merupakan karakteristik yang menggambarkan objek. Suatu atribut dapat mengambil sebuah nilai yang ditentukan berdasarkan domain yang dihitung. Contoh: Kelas MOBIL memiliki sebuah atribut WARNA. Domain nilai untuk warna adalah {putih,hitam, perak, abu-abu, biru, merah, kuning, hijau}.

Objek dapat memiliki atribut khusus yang disebut state. Keadaan suatu objek adalah kata sifat yang menggambarkan status objek saat ini. Misalnya: rekening bank dapat aktif, tidak aktif, tertutup, atau dibekukan.

c.     Metode (Method)

Suatu metode yang mendefinisikan tugas-tugas spesifik yang dapat dilakukan oleh suatu objek. Metode dituliskan dengan kata kerja yang menggambarkan apa dan bagaimana suatu objek melakukan sesuatu. Misalnya: objek PELANGGAN dapat melakukan tugas-tugas tertentu seperti melakukan pemesanan, membayar tagihan, dan mengubah alamatnya.

d.     Pesan (Message)

Pesan (Message) adalah perintah yang memberi tahu suatu objek untuk melakukan metode tertentu. Misalnya: pesan TAMBAHKAN SISWA mengarahkan kelas SISWA untuk menambahkan nomor siswa, nama, dan data lain tentang siswa itu. Demikian pula, pesan bernama HAPUS SISWA memberi tahu kelas SISWA untuk menghapus instance Siswa. Pesan yang sama untuk dua objek berbeda dapat menghasilkan hasil yang berbeda.

e.     Kelas (Class)

Kelas merupakan deskripsi umum tentang sebuah kumpulan berisi objek-objek yang sama. Semua objek dalam kelas berbagi atribut dan metode yang sama, sehingga kelas seperti blue print, atau template untuk semua objek di dalam kelas. Superclass adalah generalisasi dari satu himpunan kelas-kelas yang berhubungan. Subclass adalah spesialisasi dari superclass. Contoh: superclass kendaraanBermotor adalah generalisasi dari kelas Truk, SUV, Minibus dan Car. Subclass Minibus mewarisi semua atribut kendaraanBermotor, tetapi juga menggabungkan atribut tambahan yang spesifik hanya untuk Minibus

4.     Hubungan Antara Objek dan Kelas 

Hubungan (relationship) memungkinkan objek untuk berkomunikasi dan berinteraksi ketika mereka melakukan fungsi bisnis dan transaksi yang diperlukan oleh sistem. Hubungan menggambarkan apa yang perlu diketahui objek satu sama lain, bagaimana objek merespon perubahan pada objek lain, dan efek keanggotaan dalam kelas, superclass, dan subclass.

Beberapa hubungan lebih kuat daripada yang lain (seperti hubungan antara anggota keluarga lebih kuat dari satu hubungan antara kenalan biasa). Hubungan terkuat disebut warisan.

5.     Karakteristik Objek

a.     Enkapsulasi (Encapsulation)

Data dan prosedur/fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu objek, sehingga prosedur/fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya. Data terlindung dari prosedur atau objek lain kecuali prosedur yang berada dalam objek tersebut. Merupakan pembatasan ruang lingkup program terhadap data. Enkapsulasi memungkinkan objek untuk digunakan sebagai komponen modular di mana saja dalam sistem, karena objek mengirim dan menerima pesan tapitidak mengubah metode internal objek lain.

b.     Pewarisan (Inheritance)

Pewarisan adalah salah satu pembeda utama antara sistem konvensional dan sistem berbasis objek. Subkelas Y mewarisi semua atribut dan operasi- operasi yang terkait dengan superkelas X. Ini berarti semua struktur dan algoritma data yang secara orisinal dirancang dan diimplementasikan untuk X segera tersedia untuk Y. Perubahan apa pun pada atribut-atribut atau operasi- operasi yang dimuat ke dalam sebuah superkelas, akan diwarisi oleh semua subkelas.

c.     Polimorfis (Polymorphism)

Polimorfis merupakan konsep yang menyatakan bahwa sesuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda. Polimorfis juga mempunyai arti bahwa operasi yang sama mungkin mempunyai perbedaan dalam kelas yang berbeda. Polimorfis sangat mengurangi usaha yang diperlukan untuk memperluas perancangan sistem berorientasi objek.

6.     Kelas Perancangan

Model kebutuhan menentukan serangkaian kelas-kelas analisis yang masing-masing kelas menggambarkan beberapa elemen masalah yang fokus pada masalah yang dilihat oleh pengguna. Himpunan kelas-kelas perancangan adalah:

    Memperhalus kelas-kelas analisis denganmenyediakan detail perancangan yang memungkinkan kelas-kelas bisa diimplementasikan

b.     Menciptakan suatu himpunan kelas-kelas perancangan yang baru, yang mengimplementasikan suatu infrastruktur PL yang mendukung solusi bisnis.

Kelas perancangan yang merepresentasikan lapisan berbeda dari perancangan arsitektur:

a.     Kelas-kelas antarmuka. Pengguna menentukan semua abstraksi yang diperlukan untuk interaksi manusia dengan komputer

b.     Kelas-kelas bisnis. Kelas-kelas mengidentifikasi atribut dan operasi/metode yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan beberapa elemen ranah bisnis.

c.     Kelas-kelas proses. Mengimplementasikan abstraksi bisnis yang levelnya lebih rendah untuk sepenuhnya mengelola kelas-kelas ranah bisnis.

d.     Kelas-kelas persisten. Merepresentasikan data store yang akan terus ada setelah eksekusi PL.

e.     Kelas-kelas sistem. Mengimplementasikan manajemen PL dan mengendalikan fungsi-fungsi agar mampu mengoperasikan sistem dan berkomunikasi dengan dunia luar

Karakteristik Kelas Perancangan

a.     Lengkap dan cukup: Suatu kelas perancangan harus menjadi enkapsulasi lengkap dari semua atribut dan metode yang dapat layak diharapkan. Cukup berarti memastikan bahwa kelas perancangan berisi hanya metode-metode yang cukup untuk mencapai tujuan kelas. Contoh: kelas Scene adalah lengkap hanya jika kelas ini berisi semua atribut dan metode yang dapat diasosiasikan dengan pembuatan suatu scene video.

b.     Sederhana: Metode yang dihubungkan dengan sebuah kelas perancangan harus fokus ke pencapaian satu fungsi spesifik pada kelas. Contoh: kelas VideoClip memiliki atribut StartPoint dan EndPoint untuk mengindikasikan titik awal dan titik akhir.

c.     Kohesi tinggi: Kelas perancangan kohesif adalah single minded. Artinya kelas ini memiliki satu kumpulan kecil tanggung jawab yang fokus dan menerapkan atribut dan metode untuk menjalankan tanggung jawab tersebut. Contoh: kelas VideoClip dapat berisi satu kumpulan metode-metode untuk mengedit klip video. Kohesi dijaga asalkan setiap metode fokus semata-mata pada atribut-atribut yang diasosiasikan dengan klip video.

d.     Keterhubungan rendah: Jika sebuah model perancangan memiliki keterhubungan tinggi (semua kelas perancangan berkolaborasi dengan semua kelas perancangan lainnya), sistem menjadi sulit diimplementasikan, diuji, dan dipelihara. Kelas perancangan pada subsistem memiliki hanya pengetahuan terbatas tentang kelas-kelas lain. Pembatasan ini dinamakan Law of Demeter yang menyatakan bahwa suatu metode seharusnya hanya mengirim pesan ke metode-metode pada kelas-kelas yang berdekatan.

7.     Pendekatan Pemrograman Terstruktur

Karakteristik Pendekatan Berorientasi. Prosedur/Fungsi:

a.     Penekanan pada sesuatu yang harus dikerjakan (algoritma pemecahan masalah)

b.     Program berukuran besar dipecah menjadi programprogram yang lebih kecil

c.     Kebanyakan fungsi/prosedur berbagi data global

d.     Data bergerak secara bebas dalam sistem dari satu

e.     fungsi ke fungsi yang lain yang terkait

f.      Fungsi-fungsi mentransformasi data dari satu bentuk ke

g.     bentuk yang lain

e.     Menggunakan pendekatan top-down

8.     Pendekatan Berorientasi Objek

Karakteristik Pada Pendekatan Berorientasi Objek:

a.     Pendekatan lebih kepada data (bukan fungsi/prosedur)

b.     Program besar dibagi menjadi beberapa objek

c.     Struktur data dirancang dan menjadi karakteristik dari objek-objek

d.     Fungsi-fungsi yang mengoperasikan data tergabung dalam suatu objek yang sama

e.     Data tersembunyi dan terlindung dari fungs/prosedur yang ada di luar

f.      Objek-objek dapat saling berkomunikasi dengan saling mengirim message satu sama laing.     Menggunakan pendekatan bottom-up

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 03 Web Programming - Pertemuan 6 - Semester 3

Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 03 mata kuliah Web Programming Pertemuan 6. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script formregistrasi.php : <html> <head>      <title>Form Registrasi</title> </head>      <h1>Form Registrasi</h1> <form action="dataregistrasi.php" method="POST">      <br>Isi data dibawah ini :</br> <table border="0" width="500">      <tr><td>Nama</td> <td> </td> <td><input type="text"name="name" size="22"placeholder="Masukan Nama"></td>   </tr>      <tr><td>Alamat</td> <td> </td

Tugas 04 Web Programming - Pertemuan 7 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 04 mata kuliah Web Programming Pertemuan 7. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script  tugas04.php  : <html> <head>      <title>Tugas 04</title> </head> <body>      <h1><center>Rumus - Rumus</center></h1>     <form action="tugas04-2.php" method="POST"> <center><table border = "2"></center> <pre>      <td>Nilai 1</td>      <td><input name="A" type="text" id="nA" size="20" border="2" value=""/><br/></td>      </tr>      <tr>      <

Tugas 02 Web Programming - Pertemuan 3 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 02 mata kuliah Web Programming Pertemuan 3. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan : Script : <html> <head>      <title>Contoh Script PHP</title> </head> <body> <?php      $nama ="Lintang Seruni Senja";      $alamat ="Jl.Badak No.02 Cimahi-Bandung";      $ttl ="Jakarta, 20 oktober 1990";      $nmr ="0812345678";           echo " Nama Saya         : $nama<br>";      echo " Alamat               : $alamat<br>";      echo " TTL                   : $ttl<br>";      echo " Telp                   : $nmr<br><p>"; ?> </body> </ht