Skip to main content

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan 7 Macam Topologi Jaringan Komputer.

Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.
Bismillahirahmanirahim.
Kali ini aku bakal share 7 macam topologi jaringan komputer, Ada apa aja sih? Yuk dibaca. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗
Sumber Informasi : Google.
Semoga Bermanfaat! ✨
  • Topologi Ring.
Topologi Ring adalah topologi yang berbentuk titik-titik yang terhubung dengan kedua jenis titik lainnya dalam jaringan yang sama. Fungsi titik-titiknya yaitu sebagai repeater untuk memperkuat sinyal sirkulasi. Saat proses penerimaan akan dibantu oleh token. Pada token itu sendiri memiliki informasi dari komputer sebagai salah satu sumber informasinya. Token tersebut memiliki data dari komputer yang sebelumnya, kemudian untuk data tersebut akan diteruskan ke bagian node berikutnya.Sedangkan dari data tersebut diterima oleh node apabila dibutuhkan, namun jika tidak dibutuhkan maka dapat diteruskan pada node selanjutnya.
Kelebihan : - Hemat kabel dan biaya
- Mudah dirancang.

Kekurangan : - Tidak efisien
- Jika terdapat error atau masalah dalam satu komputer jaringan lainnya akan terdampak masalahnya.
- Kinerja jaringan berat karena setiap transfer data harus melalui setiap komputer dan banyaknya komputer dalam jaringan tersebut.
  • Topologi Dual Ring.
Pengertian Topologi Dual Ring tidak jauh berbeda Topologi Ring bedanya pada Topologi Dual Ring ini setiap node memiliki dua. Selain itu topologi dual ring ini berfungsi sebagai backup transmission jika salah satu node pada topologi tersebut tidak berfungsi.
Kelebihan : Jika satu cincin gagal/error, cincin kedua bisa berfungsi sebagai cadangan, untuk menjaga jaringan tetap terjaga.

Kekurangan : - Pemasangan yang sulit.
- Harganya cukup mahal.
  • Topologi Bus.
Topologi Bus adalah topologi yang hanya menggunakan satu kabel coaxial sebagai media transmisi yang berfungsi sebagai pusat untuk seluruh server terhubung. Tiap PC dihubungkan mengunakan konektor BNC kemudian diakhiri dengan terminator.
Kelebihan : - Hemat kabel. 
- Kecepatan pengiriman tinggi.
Pemasangan cukup mudah dan mudah di kembangkan tanpa mengganggu jaringan lain yg terhubung.

Kekurangan : - Sulit mengidentifikasi kesalahan.
- Membutuhkan repeater untuk penggunaan jarak jauh.
- Jika kabel utama bermasalah dapat berdampak ke seluruh jaringan.
  • Topologi Star.
Topologi Star adalah topologi yang menggunakan hub/switch sebagai pusat pengolahan informasi dan berperas sebagai penghubung antar komputer baik client atau server. Cara kerja nya ketika komputer mengirim data ke komputer lain maka data tersebut harus melewati hub/switch terlebih dahulu sebelum ke komputer tujuan.
Kelebihan : - Tingkat keamanan tinggi.
- Fleksibel dan mudah mendeteksi masalah yg terjadi pada jaringan.
Jika salah satu komputer mengalami masalah tidak akan berdampak bagi komputer lainnya.

Kekurangan : - Boros kabel.
- Biaya pemasangan cukup mahal.
- Performa jaringan bergantung pada spek perangkat dan jika hub atau switch rusak akan berdampak ke seluruh jaringan.
  • Topologi Mesh.
Topologi Mesh adalah topologi dimana atar PC terhubung satu sama lain secara langsung atau dedicated oleh karenanya memiliki kecepatan transfer yg baik. Topologi ini cocok untuk sistem topologi yang memiliki sedikit PC namun memerlukan banyak kabel.
Kelebihan : - Tingkat kecepatan transfer tinggi.
- Tingkat keamanan baik.
- Mudah dalam mendeteksi kesalahan.
Jika salah satu komputer mengalami masalah tidak akan berdampak bagi komputer lainnya.

Kekurangan : - Boros kabel.
- Biaya pemasangan cukup mahal.
- Membutuhkan ruang yang besar untung menggunakan topologi ini.
  • Topologi Tree.
Topologi Tree adalah topologi bertingkat yang terdiri atas Topologi Star dan Topologi Bus dimana antar koneksi menggunakan hub/switch. Dalam topologi ini menggunakan kabel utama yang berfungsi menghubungkan beberapa hub/switch yang berfungsi sebagai pusat pengatur jaringan.
Kelebihan : - Mudah diterapkan pada skala yang luas.
- Mudah dideteksi kesalahan yg terjadi pada jaringan.
- Mudah dalam pengelompokan workstation sejenis dan dalam mentransfer informasi.
Jika salah satu komputer mengalami masalah tidak akan berdampak bagi komputer lainnya.

Kekurangan : - Boros kabel.
- Biaya pemasangan cukup mahal.
- Jika server mengalami gangguan maka seluruh client akan merasakan dampaknya.
- Jika hub terlalu banyak sambungan performa akan turun dan apabila hub error hubungan pada setiap komputer akan terputus
  • Topologi Hybrid.
Topologi Hybrid adalah topologi yang terdiri atas dua atau lebih gabungan topologi lain yang memiliki sifat sendiri. Tujuannya ialah mengoptimalkan kelebihan masih masing topologi.
Kelebihan : - Kecepatan stabil.
- Rancangan jaringan yang fleksibel di berbagai tempat dan dalam skala yang besar.
Jika salah satu komputer mengalami masalah tidak akan berdampak bagi komputer lainnya.

Kekurangan : - Boros kabel.
- Biaya pemasangan mahal.
- Pemasangan jaringannya rumit dan membutuhkan ruang yang luas.


Comments

Popular posts from this blog

Tugas 03 Web Programming - Pertemuan 6 - Semester 3

Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 03 mata kuliah Web Programming Pertemuan 6. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script formregistrasi.php : <html> <head>      <title>Form Registrasi</title> </head>      <h1>Form Registrasi</h1> <form action="dataregistrasi.php" method="POST">      <br>Isi data dibawah ini :</br> <table border="0" width="500">      <tr><td>Nama</td> <td> </td> <td><input type="text"name="name" size="22"placeholder="Masukan Nama"></td>   </tr>      <tr><td>Alamat</td> <td> </td

Tugas 04 Web Programming - Pertemuan 7 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 04 mata kuliah Web Programming Pertemuan 7. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script  tugas04.php  : <html> <head>      <title>Tugas 04</title> </head> <body>      <h1><center>Rumus - Rumus</center></h1>     <form action="tugas04-2.php" method="POST"> <center><table border = "2"></center> <pre>      <td>Nilai 1</td>      <td><input name="A" type="text" id="nA" size="20" border="2" value=""/><br/></td>      </tr>      <tr>      <

Tugas 02 Web Programming - Pertemuan 3 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 02 mata kuliah Web Programming Pertemuan 3. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan : Script : <html> <head>      <title>Contoh Script PHP</title> </head> <body> <?php      $nama ="Lintang Seruni Senja";      $alamat ="Jl.Badak No.02 Cimahi-Bandung";      $ttl ="Jakarta, 20 oktober 1990";      $nmr ="0812345678";           echo " Nama Saya         : $nama<br>";      echo " Alamat               : $alamat<br>";      echo " TTL                   : $ttl<br>";      echo " Telp                   : $nmr<br><p>"; ?> </body> </ht