Skip to main content

Rangkuman Materi Qada dan Qadar Beserta Contoh Soal + Jawaban SMK Kelas 12 (Kurikulum 2013)

Hi Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.
Bismillahirahmanirahim.
Materi kali ini adalah tentang Hari Akhir yang biasanya muncul saat Ulangan Harian, UTS atau UAS dan bisa kalian jadikan sebagai rangkuman pembelajaran atau sekedar menjawab tugas sekolah kalian. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama ðŸ¤—
Sumber Informasi : Buku dan Wikipedia.
Semoga Bermanfaat ✨
  • Pengertian Qada dan Qadar.
1. Jelaskan pengertian Qada dan Qadar!
: * Qada : Ketentuan, hukum atau rencana Allah sejak jaman azali. Menurut bahasa qada adalah "Menentukan" atau "Memutuskan".
* Qadar : Kenyataan dari ketentuan atau hukum Allah.
Qada dan Qadar adalah Perwujudan dari segala ketentuan Allah.
  • Macam Macam Takdir.
2. Sebutkan macam macam takdir!
3. Jelaskan yang dimaksud takdir muallaq beserta contohnya!
4. Jelaskan yang dimaksud takdir mubram beserta contohnya!
: * Takdir Muallaq : Takdir yang dapat diubah jika manusianya berikhtiar ingin mengubahnya. Contohnya : Kepandaian, Kesehatan, Kekayaan.
* Takdir Mubram : Takdir yang terjadi pada diri manusia dan tidak dapat diubah. Contohnya : Kematian, Jenis kelamin, Ras/Warna kulit,  Bencana alam; Gempa, Gunung Meletus, Tsunami.
  • 4 Prinsip Iman Kepada Qada dan Qadar.
5. Sebutkan prinsip iman kepada Qada dan Qadar!
: * Iman kepada ilmu Allah yang Qadim (Tidak Berpemulaan) dan Allah mengetahui perbuatan manusia sebelum mereka melakukannya.
* Iman bahwa semua Qadar Allah telah tertulis di Lauh Mahfuzh.
* Iman bahwa Allah adalah zat yang mewujudkan segala mahluk.
* Iman terhadap Qada dan Qadar merupakan kewajiban yang harus kita percaya dan yakini sepenuh hati bahwa itu baik atau buruk.
  • 4 Hal Terkait Beriman Pada Qada dan Qadar.
6. Jelaskan pengertian Takdir!
7. Jelaskan pengertian Ikhtiar!
8. Jelaskan pengertian Doa!
9. Jelaskan pengertian Tawaqal!
: * Takdir : Ketentuan Allah yang telah ditetapkan pada manusia yang dapat memilih takdir atau keberhasilan dengan berbagai cara yang akan dipertanggung jawabkan.
* Ikhtiar : Berusaha dengan sungguh sungguh dan sepenuh hati dalam menggapai cita cita atau tujuan.
* Doa : Ikhtiar batin yang besar pengaruhnya bagi yang meyakini.
* Tawaqal : Menyerahkan segala urusan dan hasil ikhtiar pada Allah.
  • Hikmah Beriman Pada Qada dan Qadar.
10. Sebutkan hikmah-hikmah beriman pada Qada dan Qadar!
:* Termotivasi agar berikhtiar lebih giat lagi dan meningkatkan optimisme dengan ikhtiar sungguh sungguh.
* Meningkatkan keyakinan dengan doa.
* Meyakini semua terjadi karena sunnatullah.
* Menyadarkan diri bawha kehidupan ini terdapat peraturan / ketentuan Allah.
* Meningkatkan kekebalan agar tidak mudah putus asa.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 03 Web Programming - Pertemuan 6 - Semester 3

Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 03 mata kuliah Web Programming Pertemuan 6. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script formregistrasi.php : <html> <head>      <title>Form Registrasi</title> </head>      <h1>Form Registrasi</h1> <form action="dataregistrasi.php" method="POST">      <br>Isi data dibawah ini :</br> <table border="0" width="500">      <tr><td>Nama</td> <td> </td> <td><input type="text"name="name" size="22"placeholder="Masukan Nama"></td>   </tr>      <tr><td>Alamat</td> <td> </td

Tugas 04 Web Programming - Pertemuan 7 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 04 mata kuliah Web Programming Pertemuan 7. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script  tugas04.php  : <html> <head>      <title>Tugas 04</title> </head> <body>      <h1><center>Rumus - Rumus</center></h1>     <form action="tugas04-2.php" method="POST"> <center><table border = "2"></center> <pre>      <td>Nilai 1</td>      <td><input name="A" type="text" id="nA" size="20" border="2" value=""/><br/></td>      </tr>      <tr>      <

Tugas 02 Web Programming - Pertemuan 3 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 02 mata kuliah Web Programming Pertemuan 3. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan : Script : <html> <head>      <title>Contoh Script PHP</title> </head> <body> <?php      $nama ="Lintang Seruni Senja";      $alamat ="Jl.Badak No.02 Cimahi-Bandung";      $ttl ="Jakarta, 20 oktober 1990";      $nmr ="0812345678";           echo " Nama Saya         : $nama<br>";      echo " Alamat               : $alamat<br>";      echo " TTL                   : $ttl<br>";      echo " Telp                   : $nmr<br><p>"; ?> </body> </ht