Skip to main content

Rangkuman Materi Hari Akhir Beserta Contoh Soal + Jawaban SMK Kelas 12 (Kurikulum 2013)

Hi Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.
Bismillahirahmanirahim.
Hari ini pertama kali setelah aku hiatus dalam dunia blogging :). Materi kali ini adalah tentang Hari Akhir yang biasanya muncul saat Ulangan Harian, UTS atau UAS dan bisa kalian jadikan sebagai rangkuman pembelajaran atau sekedar menjawab tugas sekolah kalian.   Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗
Sumber Informasi : Buku, dan Wikipedia.
Semoga Bermanfaat ✨

  • Iman Kepada Hari Akhir
l. Jelaskan yang dimaksud iman kepada hari akhir! 
: Iman kepada hari akhir adala rukun iman kelima. Artinya kita harus percaya dan yakin akan adanya kiamat dan segala yang dilakukan manusia akan dipertanggungjawabkan di akhirat dan mendapat balasannya
  • Pengertian Hari Akhir.
2. Jelaskan pengertian hari akhir menurut bahasa dan istilah!
: Menurut bahasa : Hari kiamat / Hari penghabisan (Q.S Al-Baqarah : 17) / Hari pembalasan (Q.S Al-Fatihah : 4) / Hari penegakan hukum Allah seadil-adilnya (Q.S Al-Mumtahanah : 17).
Menurut istilah : Hancurnya alam semesta beserta isinya dan berakhirnya kehidupan semua mahluk Allah.

  • Macam Macam Kiamat.
3. Jelaskan yang dimaksud kiamat kecil beserta contohnya!
4. Jelaskan yang dimaksud kiamat besar beserta contohnya!
:
* Sugra  (Kecil).
Kiamat Sugra : Kiamat yang bersifat individu/lokal (Q.S Ali-Imran : 185). Contohnya : Mati, Gempa, Tsunami, Banjir.
* Kubra (Besar).
Kiamat Kubra : Hancur leburnya kehidupan dialam semesta secara total dan serentak (Q.S At-Takwir : 1-3).
  • Peristiwa Yang Akan Terjadi Setelah Mati.
5. Sebutkan peristiwa yang akan terjadi setelah kematian!
:
* Fitnah Kubur : Situasi dimana akan dilontarkan pertanyaan tentang Tuhan, Agama, Nabi, Iman dan Kiblatnya.
* Siksa Kubur : Kondisi yang akan diterima oleh pendosa (zalim, munafik, kafir dan musyrik) atas apa yang telah ia lakukan selama hidupnya dengan disiksa dalam kubur.
* Nikmat Kubur : Kondisi nikmat dalam kubur yang akan diterima oleh manusia yang selama hidupnya melakukan banyak amalan baik.

#Note~~~ Sebelum terjadi hari kiamat, mereka yang telah mati mengawali proses awal kehidupan akhirat yang dizebut alam barzakh (Q.S. Ar-Rµm : 55-56). Alam barzakh : Alam yang menjadi batas antara dunia dan akhirat.
  • Periode Hari Akhir.
6. Sebutkan periode saat hari akhir!
7. Jelaskan yang dimaksud Yaumul Hizab!
8. Jelaskan yang dimaksud Yaumul Ba'ats!
9. Jelaskan yang dimaksud Yaumul Jaza!
:
* Yaumul Ba'ats : Hari Kebangkitan mahkluk Allah dari kubur. (QS. Al-Mujadallah : 6)
* Yaumul Hasyr : Hari Berkumpul manusia di Padang Mahsyar dari kuburnya. (QS. Al-Kahfi : 47)
* Buku Catatan : Kitab perjalanan manusai, yang berisi catatan amalan baik dan buruk manusia yang telah dicatat oleh malaikat sepanjang hidupnya.(QS. Al-Kahfi : 49)
* Yaumul Hizab : Diperlihatkan semua amalan manusia untuk dihizab seluruh anggota tubuhnya menjadi saksi dengan teliti. (QS. An-Nur : 24)
* Yaumul Mizan : Ditimbangnya semua amalan manusia seadil-adilnya. (QS. Al-Anbiya : 47)
* As-Sirat. Ialah jembatan diatas neraka menuju surga. (baca : “Terbentanglah jembatan (As-Sirat) itu di antara dua tepi Neraka Jahanam.” HR.Muslim)
* Yaumul Jaza' : Hari menerima pembalasan (QS. Al-Mukmin : 17). Orang mukmin yang  bertaqwa kepada Allah akan mendapat Surga. Sedangkan orang yg melakukan perbuatan jahat, tercela, maksiat atau kafir akan akan mendapatkan neraka.
  • Hikmah Beriman Pada Hari Akhir :
10. Sebutkan hikmah-hikmah beriman pada hari akhir!
:
  • Muncul sifat benci pada kemaksiatan.
  • Menggembirakan hati orang orang mukmin.
  • Menumbuhkan ketaatan kepada Allah.
  • Termotivasi untuk terus memperbanyak amal baik.
  • Menghindari niat atau perilaku buruk.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 03 Web Programming - Pertemuan 6 - Semester 3

Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 03 mata kuliah Web Programming Pertemuan 6. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script formregistrasi.php : <html> <head>      <title>Form Registrasi</title> </head>      <h1>Form Registrasi</h1> <form action="dataregistrasi.php" method="POST">      <br>Isi data dibawah ini :</br> <table border="0" width="500">      <tr><td>Nama</td> <td> </td> <td><input type="text"name="name" size="22"placeholder="Masukan Nama"></td>   </tr>      <tr><td>Alamat</td> <td> </td

Tugas 04 Web Programming - Pertemuan 7 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 04 mata kuliah Web Programming Pertemuan 7. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script  tugas04.php  : <html> <head>      <title>Tugas 04</title> </head> <body>      <h1><center>Rumus - Rumus</center></h1>     <form action="tugas04-2.php" method="POST"> <center><table border = "2"></center> <pre>      <td>Nilai 1</td>      <td><input name="A" type="text" id="nA" size="20" border="2" value=""/><br/></td>      </tr>      <tr>      <

Tugas 02 Web Programming - Pertemuan 3 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 02 mata kuliah Web Programming Pertemuan 3. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan : Script : <html> <head>      <title>Contoh Script PHP</title> </head> <body> <?php      $nama ="Lintang Seruni Senja";      $alamat ="Jl.Badak No.02 Cimahi-Bandung";      $ttl ="Jakarta, 20 oktober 1990";      $nmr ="0812345678";           echo " Nama Saya         : $nama<br>";      echo " Alamat               : $alamat<br>";      echo " TTL                   : $ttl<br>";      echo " Telp                   : $nmr<br><p>"; ?> </body> </ht