Skip to main content

Wireless Protocol - Konfigurasi Nstreme, NV2, dan VAP di Mikrotik .

Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.
Bismillahirahmanirahim.
Kali ini aku bakal share konfigurasi Mac Address Filtering di Mikrotik. Ini adalah materi terakhir yang merupakan lanjutan dari materi-materi sebelumnya. Jadi sekarang kita akan mencoba Konfigurasi Nstreme, NV2, dan VAP di bagian Wireless Protocol. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian, Please Share! Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗
Semoga Bermanfaat! ✨
Topologinya seperti berikut :


     Nstreme.

Selain menggunakan protokol standart 802.11 untuk konektivitas wireless, MikroTik mengembangkan sebuah protokol baru yang diakui dapat meningkatkan kualitas link perngakat yang terkoneksi. Protokol tersebut yaitu Nstreme dan Nv2 (Nstreme v2).
     Konfigurasi :
Pertama aktifkan Nstreme dengan klik Wireless > Interface wlan1 > Advanced Mode> Nstreme > Enable Nstreme > Apply dan aktifkan juga pada Router Station.



Jika sudah diubah dan tidak running/berjalan caranya ubah dahulu Band di AP menjadi B/G/N kemudian koneksikan ulang SSID AP di Station. Selanjutnya coba test bandwdith lagi di interface wlan di AP > Station.




     NV2.

NV2 merupakan wireless proocol yang dikembangkan oleh Mikrotik untuk penggunaan Atheros 802.11 wireless chips. Berbasis TDMA (Time Division Multiple Access), TDMA media access technology dapat mengatasi masalah hidden node sehingga meningkatkan throughput dan latency khususnya untuk PTMP Radio Networks. Setiap klien wireless hanya boleh melakukan pengiriman data berdasarkan waktu yang ditentukan secara bergiliran.
     Konfigurasi :
Pertama aktifkan NV2 dengan klik Wireless> Interface wlan1 > Wireless > Wireless Protocol > nv2 di Router AP > Station.



Kemudian jika sudah kita bisa test bandwidth lagi di Router AP dan Router Client dan lihat perbedaannya.




     VAP.

Virtual Access Point, digunakan untukmembuat AP tambahan dari satu interface wireless yang ada di Mikrotik seperti Hotspt. VAP dianggap sebagai interface wireless yang independen dan memiliki konfigurasu yang berbeda; SSID, Mac-Address, IP Address, WDS & Security Profile. Sedangkan untuk konfigurasi wireless Mode, Band, Frequency dan Nstreme bisa mengambil dari interface wireless master. VLAN diibaratkan sebagai Wireless.
     Konfigurasi :
Pertama klik Wireless > Interface > Add > Virtual.



Lalu masuk ke tab Wireless, untuk SSID *bebas , tetapi untuk Master Interface=wlan1 kecuali jika router memiliki 2 Wlan maka bisa pilih sesuai yg diinginkan.




Terakhir kita akan melakukan percobaan tentang berapa limit yang kita bisa buat. Ternyata limitnya adalah 128 VAP. Jadi nanti kalau mau test berapa banyak pada pembuatan VAP ke 128 akan muncul pemberitahuan seperti dibawah ini.




Jadi sekian materi kali ini Terima Kasih. :)

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 03 Web Programming - Pertemuan 6 - Semester 3

Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 03 mata kuliah Web Programming Pertemuan 6. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script formregistrasi.php : <html> <head>      <title>Form Registrasi</title> </head>      <h1>Form Registrasi</h1> <form action="dataregistrasi.php" method="POST">      <br>Isi data dibawah ini :</br> <table border="0" width="500">      <tr><td>Nama</td> <td> </td> <td><input type="text"name="name" size="22"placeholder="Masukan Nama"></td>   </tr>      <tr><td>Alamat</td> <td> </td

Tugas 04 Web Programming - Pertemuan 7 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 04 mata kuliah Web Programming Pertemuan 7. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script  tugas04.php  : <html> <head>      <title>Tugas 04</title> </head> <body>      <h1><center>Rumus - Rumus</center></h1>     <form action="tugas04-2.php" method="POST"> <center><table border = "2"></center> <pre>      <td>Nilai 1</td>      <td><input name="A" type="text" id="nA" size="20" border="2" value=""/><br/></td>      </tr>      <tr>      <

Tugas 02 Web Programming - Pertemuan 3 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 02 mata kuliah Web Programming Pertemuan 3. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan : Script : <html> <head>      <title>Contoh Script PHP</title> </head> <body> <?php      $nama ="Lintang Seruni Senja";      $alamat ="Jl.Badak No.02 Cimahi-Bandung";      $ttl ="Jakarta, 20 oktober 1990";      $nmr ="0812345678";           echo " Nama Saya         : $nama<br>";      echo " Alamat               : $alamat<br>";      echo " TTL                   : $ttl<br>";      echo " Telp                   : $nmr<br><p>"; ?> </body> </ht