Skip to main content

Jenis-Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

Hi Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.
Bismillahirahmanirahim.
Materi kali ini adalah tentang Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) mau tau apa sih LKBB itu? LKBB adalah semua lembaga/badan yang melakukan aktivitas keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung menghimpun dana dari masyarakat dengan menerbitkan surat-surat berharga dan menyalurkan dana tersebut untuk membiayai investasi di berbagai perusahaan (Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No. KEP-38/MK/IV/1972). 
Lalu apa saja sih jenisnya? Dibaca ya! :). Oh ya, Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian, Please Share! Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗
Sumber Informasi : Buku dan Wikipedia.
Semoga Bermanfaat! ✨
  • Jenis-Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)
1. Lembaga pembiayaan.
2. Perusahaan perasuransian.
3. Dana pensiun.
4. Perusahaan pegadaian.
5. Pasar modal.

    1. Lembaga Pembiayaan.
Lembaga pembiayaan merupakan badan-badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal dengan tidak menarik dana secara langsung dari masyarakat. Berikut ini adalah jenis-jenis usaha lembaga pembiayaan :
* Sewa Guna Usaha (Leasing).
Sewa guna kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal,baik secara sewa guna usaha dengan hak opsi (finance lease) maupun sewa guna usaha tanpa hak opsi (operating lease) untuk digunakan oleh lessee (nasabah) selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara berkala.
* Modal Ventura.
Modal ventura adalah kegiatan usaha pembiayaan jangka panjang dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu.
* Anjak Piutang.
Anjak piutang adalah kegiatan usaha pembiayaan dalam bentuk pembiayaan dan atau pengalihan, serta pengurusan piutang atau tagihan jangka pendek suatu perusahaan dalam transaksi perdagangan, baik dalam negeri maupun luar negeri.
* Pembiayaan Konsumen.
Pembiayaan konsumen adalah kegiatan usaha pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang-barang kebutuhan konsumen dengan cara pembayaran angsuran atau berkala. Contoh: FIF, Busan Automotif Finance (BAF), ADIRA,dll.

    2. Perusahaan Perasuransian.
Usaha asuransi merupakan usaha yang memberikan perlindungan pada tertanggung bila terjadi risiko di masa mendatang. Apabila resiko tersebut benar-benar terjadi, maka pihak tertanggung akan mendapatkan ganti rugi sebesar nilai yang dijanjikan antara perusahaan asuransi dengan nasabah. Usaha asuransi ini menghimpun dana dari masyarakat melalui pengumpulan premi asuransi. Premi asuransi adalah sejumlah uang yang dibayarkan oleh pihak tertanggung kepada penanggung (perusahaan asuransi) secara periodik. Perjanjian antara pihak tertanggung dengan penanggung diatur dalam polis asuransi.

    3. Dana Pensiun.
Dana pensiun adalah dana yang disediakan pemerintah atau perusahaan bagi para pegawai negeri atau para karyawan sebagai tabungan untuk hari tua. Dana pensiun terkumpul melalui pemotongan gaji pegawai atau gaji pegawai atau karyawan setiap bulan saat pegawai atau karyawan tersebut masih aktif bekerja. Dana yang terkumpul tersebut lalu dikelola oleh lembaga dana pensiun untuk disalurkan kembali kepada masyarakat.

    4. Pegadaian.
Usaha  penggadaian yang hanya di monopoli oleh Perum Pegadaian,yang mempunyai tujuan menyediakan dana dengan prosedur yang sederhana kepada masyarakat,terutama kalangan menengah ke bawah untuk berbagai tujuan,seperti konsumsi,produksi,dll.Keberadaan Perum Pegadaian dapat menekan munculnya lembaga keuangan nonformal yang cenderung merugikan masyarakat seperti pengijon, pegadaian gelap, rentenir, dll

    5. Pasar Modal.
Pasar modal adalah pasar yang mempertemukan pihak yang menawarkan dan yang memerlukan dana jangka panjang dalam bentuk surat bukti utang jangka panjang (obligasi), surat tanda penyertaan modal (saham), atau surat berharga lainnya dengan jangka waktu satu tahun ke atas.

    6. Reksa Dana.
Reksa dana merupakan wadah menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi (pihak pengelola dana). Manajer investasi-lah yang mengelola dana tersebut, apakah hendak dibelikan saham, diputar dipasar uang, dan lain sebagainya. Dalam pengelolaan dana tersebut, manajer investasi berhubungan dengan penanam modal (investor). Contoh perusahaan reksa dana antara lain Bahana TCW, Trimegah Securities, Nikko, dll.

    7. Perusahaan Penjamin
Perusahaan penjamin adalah menanggung pembayaran kewajiban keuangan pihak yang dijamin oleh perusahaan penjamin.Jadi,kalau pengusaha tidak bisa membayar kredit dan berbagai transaksi lainnya, maka perusahaan penjaminlah yang menanggungnya.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 03 Web Programming - Pertemuan 6 - Semester 3

Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 03 mata kuliah Web Programming Pertemuan 6. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script formregistrasi.php : <html> <head>      <title>Form Registrasi</title> </head>      <h1>Form Registrasi</h1> <form action="dataregistrasi.php" method="POST">      <br>Isi data dibawah ini :</br> <table border="0" width="500">      <tr><td>Nama</td> <td> </td> <td><input type="text"name="name" size="22"placeholder="Masukan Nama"></td>   </tr>      <tr><td>Alamat</td> <td> </td

Tugas 04 Web Programming - Pertemuan 7 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 04 mata kuliah Web Programming Pertemuan 7. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script  tugas04.php  : <html> <head>      <title>Tugas 04</title> </head> <body>      <h1><center>Rumus - Rumus</center></h1>     <form action="tugas04-2.php" method="POST"> <center><table border = "2"></center> <pre>      <td>Nilai 1</td>      <td><input name="A" type="text" id="nA" size="20" border="2" value=""/><br/></td>      </tr>      <tr>      <

Tugas 02 Web Programming - Pertemuan 3 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 02 mata kuliah Web Programming Pertemuan 3. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan : Script : <html> <head>      <title>Contoh Script PHP</title> </head> <body> <?php      $nama ="Lintang Seruni Senja";      $alamat ="Jl.Badak No.02 Cimahi-Bandung";      $ttl ="Jakarta, 20 oktober 1990";      $nmr ="0812345678";           echo " Nama Saya         : $nama<br>";      echo " Alamat               : $alamat<br>";      echo " TTL                   : $ttl<br>";      echo " Telp                   : $nmr<br><p>"; ?> </body> </ht