Skip to main content

HTTP / IIS (Information Internet Service)

Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.
Bismillahirahmanirahim.
Kali ini aku bakal share materi tentang Web Server IIS. Apa sih Web Server IIS itu?...
Web Server IIS adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows yang berfungsi sebagai pendukung protocol TCP/IP yang berjalan dalam Application Layer. Dan juga menjadi pondasi dari platform Internet dan Intranet dari Microsoft lalu konfigurasinya seperti apa? Lanjut dibaca ya sampai bawah. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian, Please Share! Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗.

Semoga Bermanfaat! ✨


1. Masuk ke Windows Server Manager (Dashboard) ➙ "Manage" ➙ "Add Roles and Features".


2. Kemudian muncul tampilan dibawah ini , kita ceklis "Skip this page by default" ➙ Klik "Next".




3.  Lalu kita lanjut ke Installation Type, disini gak perlu ada yang diubah (Default) saja.




4. Kemudian kita masuk ke Server Selection. Kita pilih "Select a server from the server pool" ➞ "Next".


5. Pada menu Server Roles. Pilih Web Server (IIS) dengan cara Double Click.


6. Lalu muncul tampilan seperti ini kita klik ➞ "Add Features".Kemudian klik Next.




8. Kemudian kita ke Web Server Role (IIS), klik "Next" saja.

9. Lalu ke Role Services. Disini kita ceklis seperti yang ada digambar dibawah ini aja yaaa ...


10. Kemudian masuk ke Confirmation ➞ klik "Install". Dan akan muncul tampilan seperti ini kita tunggu sampai selesai lalu klik "Close".


11. Untuk mengeceknya kita bisa lihat di Notification.


12. Kemudian sekarang kita kembali lagi ke Server Manager (Dashboard) ➞ "Tools" ➞ "Internet Information Services (IIS) Manager."


13. Nah ini merupatkan tampilan IIS Tasya.


14. Sekarang kita kembali lagi ke Server Manager (Dashboard) ➞ "Tools" ➞ "DNS."


15. Disini kita akan buat 2 New Host. Yang pertama "www.tasya.net" ,kali ini dengan IP Address 26.26.26.1.


 16. Selanjutnya kita akan mengubah network-nya. Dengan cara "Open Network and Sharing Center" ➙ "Ethernet" ➙ "Properties" ➙ "Internet Protocol Version (TCP/IPv4)" ➙ "Properties" ➙ "Use the following ip address" ➙ OK.



17. Sekarang kita buka Command Prompt, lalu PING new host yang tadi kita buat (www.tasya.net)

 ↓

18. Nah kita juga akan mengecek new host yang tadi kita buat (www.tasya.net) di browser-nya yang menggunakan  IE (Internet Explorer). Disini tampilannya masih default.



19. Sekarang kita kembali lagi ke Server Manager (Dashboard) ➞ "Tools" ➞ "DNS" ➞ Forward Lookup Zones *Klik kanan* ➞ New zone.




20. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini kita klik "Next" ➞ "Next" ➞ "Next" ➞ Masukan Zone Name-nya (tasya.com) ➞ "Next" ➞ "Next" ➞ "Finish".


 ↓
  ↓
 ↓
 ↓
  ↓

21. Jika sudah disini kita bisa lihat "tasya.com" sudah ada.


22. Nah sekrang kita akan buat New Host yang kedua dengan nama "www.tasya.com" dengan IP Address 26.26.26.2.

 ↓
  ↓
23. Disini kita bisa lihat sudah terdaftar.


24. Nah selanjutnya kita buka File Explorer  ➞ Local Disk (C:) ➞ "inetpub" ➞ Buat 2 folder ; 1. wwwroot-tasya.com , 2. wwwroot-tasya.net ➞ Buka folder "wwwroot" ➞ Copy semua isi dari file di folder "wwwroot" ➞ Paste ke Folder "wwwroot-tasya.com" & wwwroot-tasya.net dan tambahkan gambar untuk mengubah tampilannya nanti di masing-masing folder.


↓ 

25. Sekarang kita akan mengubah tampilan di IE menjadi gambar yang telah kita buat di folder tadi. Caranya buka folder wwwroot-tasya.com ➞ pilih "iisstart" buka menggunakan Notepad dan ubah "img src=Picture1.png". Lakukan hal yang sama pada folder wwwroot-tasya.net ➞ ubah "img src=Picture2.png".

 ↓

26. Sekarang kita kembali buka Server Manager (Dashboard) ➞ "Tools" ➞ "Internet Information Services (IIS) Manager." Klik "Add Website".  *Replace*. Agar menjadi seperti dibawah ini :

 ↓
 ↓

27. Jika sudah terdaftar akan seperti ini tampilannya .


28. Selanjutnya kita buka Command Prompt dan akan mencoba nge-PING ke "www.tasya.net"


29. Yeayyy bisa. Nah yang terakhir sekarang kita buka "www.tasya.net".


30. Yeayyy...:) Sekarang tampilannya telahberubah menjadi gambar yang telah saya buat dan masukan difolder tadi. Okay . Tutorial kali ini Selesaiii :)

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 03 Web Programming - Pertemuan 6 - Semester 3

Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 03 mata kuliah Web Programming Pertemuan 6. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script formregistrasi.php : <html> <head>      <title>Form Registrasi</title> </head>      <h1>Form Registrasi</h1> <form action="dataregistrasi.php" method="POST">      <br>Isi data dibawah ini :</br> <table border="0" width="500">      <tr><td>Nama</td> <td> </td> <td><input type="text"name="name" size="22"placeholder="Masukan Nama"></td>   </tr>      <tr><td>Alamat</td> <td> </td

Tugas 04 Web Programming - Pertemuan 7 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 04 mata kuliah Web Programming Pertemuan 7. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan Input & Output :     Script  tugas04.php  : <html> <head>      <title>Tugas 04</title> </head> <body>      <h1><center>Rumus - Rumus</center></h1>     <form action="tugas04-2.php" method="POST"> <center><table border = "2"></center> <pre>      <td>Nilai 1</td>      <td><input name="A" type="text" id="nA" size="20" border="2" value=""/><br/></td>      </tr>      <tr>      <

Tugas 02 Web Programming - Pertemuan 3 - Semester 3

  Hi, Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Bismillahirahmanirahim. Kali ini aku bakal share script Tugas 02 mata kuliah Web Programming Pertemuan 3. Jika informasi ini bermanfaat bagi kalian , Please Share! Dan jika ada saran/kritik komen saja. Itu sangat membantu dan membuat semangat untuk terus berbagi dan belajar bersama 🤗 Semoga Bermanfaat! ✨ Tampilan : Script : <html> <head>      <title>Contoh Script PHP</title> </head> <body> <?php      $nama ="Lintang Seruni Senja";      $alamat ="Jl.Badak No.02 Cimahi-Bandung";      $ttl ="Jakarta, 20 oktober 1990";      $nmr ="0812345678";           echo " Nama Saya         : $nama<br>";      echo " Alamat               : $alamat<br>";      echo " TTL                   : $ttl<br>";      echo " Telp                   : $nmr<br><p>"; ?> </body> </ht